Daily Activities

Sarjana Pendidikan yang Tertunda :)

20122012.

P1220779

Angka itu adalah angka sakti buat para mahasiswa tingkat akhir di kampus saya, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi. Sakti karena tanggal itu bisa jadi adalah waktu yang ditakdirkan Allah bagi beberapa mahasiswa untuk bersalaman langsung dengan bapak rektor, kesempatan yang sangat langka bukan? :d
Ya, hari itu adalah hari wisuda, “graduation day” bahasa kerennya.
Hari berbahagia bagi sahabat saya, kawan-kawan seangkatan di Pendidikan Luar Sekolah 2008, kawan-kawan saya di jurusan yang lain dan sahabat-sahabat saya di PAS ITB. Hari menambahpanjangkan nama para mahasiswa, diikuti oleh maksimal 3 huruf berawalan “S”.

Wisuda juga berarti dua hal, senang bahagia dan atau menyiksa.

Senang bahagia. Kegembiraan jelas-jelas muncul di wajah mereka. Senyum 5 jari ala cheer leader mereka tampilkan saat ke luar gymnas. Juga tak lupa dibanjiri ucapan selamat dan pemberian bunga-bunga. Malah saking beruntungnya, salah seorang teman saya mendapat 32 batang bunga mawar. Malah ada yang berkelakar, “ntar pulang dari sini jualin aja lagi tu bunga!” Haha.. Somplak!

Jujur, saya senang melihat mereka berwisuda ria. Bahkan saya menangis ketika bertemu salah seorang sahabat saya yang didampingi oleh keluarganya dan calon keluarga besannya.  Saya juga melihat beberapa teteh mulai kerepotan dengan beratnya konde, cumang-cemong nya bedak dan gincu merah mereka, atau high heels yang mungkin buat sebagian mereka baru pertama kali digunakannya. Saat itu juga saya tertawa, karena ada seorang teteh berbadan besar yang ternyata dia pake sendal jepit swallow. Nah oke, berarti dia terkena sindrom efek wisuda yang menyiksa.. haha..

Talking about “WISUDA”, saya tidak mau mengatakan “seharusnya saya juga wisuda kemarin”.
Karena memang pada kenyataannya saya malah menyambut mereka di luar gymnasium UPI. Memang pada kenyataannya, sampai hari ini pun saya masih dibingungkan akan mengangkat topik apa untuk skripsi saya. Satu hal yang pasti adalah saya menunda kelulusan saya hingga April 2014.

Everything comes for a reason. So do i. Menunda sarjana pendidikan saya hingga 2014 bukanlah tanpa alasan.
Saya harus mengejar mimpi saya yang lain. Untuk teman saya yang kesarjanaannya tertunda, mungkin dia juga mengerjakan kewajiban yang lain atau untuk urusan lain.
Ada orang yang berpendapat, luluslah di waktu yang tepat, bukan tepat waktu.
Dengan sedikit rasa ingin “ngeles”, ya 2014 buat saya memang waktu yang tepat untuk lulus :d. April 2014 berarti satu mimpi saya untuk berangkat ke Jerman dan mengerjakan skripsi di sana insya allah tertunaikan.

Sarjana Pendidikan yang tertunda membuat saya mempunyai rasa bangga yang mendalam untuk teman-teman saya yang berhasil mengambil gelar sarjananya di 20122012. Rasa bangga itu  meluncur menjadi tangisan kecil saya, ketika melihat teman-teman saya tersenyum bangga didampingi keluarganya. Ah, memang saya sangat berperasaan, momen sebahagia ini saja saya menangis. Semoga ketika saya memakai toga nanti, saya juga masih bisa didampingi keluarga saya. Amiin.

Juga tak kalah hebatnya rasa bangga saya kepada teman-teman saya yang berani menunda bersalaman dengan rektor hingga waktu yang telah mereka rencanakan suatu hari nanti. Sungguh, mereka pasti mempunyai alasan yang mungkin tak kita sadari dan tanpa kita terima. Seperti salah seorang teman saya, dia menunda kelulusannya karena dia masih ingin menetap di Bandung. Tidak masuk akal, kan? Biarlah, dia pasti punya alasan dibalik tetap ingin menetap di Bandungnya.

Selamat menjadi sarjana, teman-temanku!
Selamat menemui dunia baru yang penuh dengan petualangan dan tantangan!
Selamat menjadi calon orang sukses!

Wish us luck!

*dedicated to teman2 PLS 08 dan teman2 PAS ITB yang berhasil mewisudakan dirinya pada 20122012, dan untuk para teman di The Expired, kita nyusul secepatnya! ^^

Leave a Reply

