Daily Activities · Deutschland

Belajar (Bahasa) dari Social Media

Tulisan ini memang asli looh.. Terinspirasi dari rutinitas saya beberapa hari ini.

Jadi begini, semenjak dibelikan leptop baru saya jadi keranjingan “berselancar” di dunia maya. Pagi-malam hari si Blujag (namanya) selalu on. Tak kenal lelah. Untung dia bukan manusia, sudah lapor dia ke KOMNAS HAM gara-gara diperbudak bekerja selama hampir 24 jam setiap hari oleh si saya. Hahahaha..

Kembali ke leeeep..top!

Meng-on kan laptop tentu bukan untuk mengerjakan skripsi. Hoy, saya sudah memutuskan untuk menunda skripsi saya. Menunda skripsi berarti siap menerima risiko untuk tidak lulus tahun ini.#Kenapa? Karena saya sudah memutuskan untuk mengambil penelitian setiba di Jerman. Berjuta rasanya apabila si saya yang riweuh ini bisa melakukan penelitian di sana (#mimpi2), entah tentang kehidupan keluarganya, entah dengan sistem pendidikan keluarganya, entah dengan sistem pendidikan di lembaga-lembaga untuk memfasilitasi pendidikan anak usia dini yang marak di Indonesia. Inginnya seperti itu, saya sudah bilang mau melakukan penelitian di sana sama Gastmuter saya. Dan beliau menawarkan saya untuk “a little hand help” di sekolah putranya yang pertama. Semacam TPA khusus muslim kalau di Indonesia.

Akses internet yang sangat mendukung (di rumah pake speedy paralel, jadi di setiap ruangan bisa internetan asal nyambung sama kabel internet), menjadikan saya sangat mengeksplor berbagai social media yang lumayan marak di internet. Sebut saja Facebook, nge-blog di WordPress, Y-Updates, fasilitas live webcame di seluruh negara, Google Maps, Panoramio (seperti Google Map lagi, cuma lebih bagus), berbagai aplikasi di Pokki  seperti Pinterest, Yelp (sama ini juga kaya Google Map, tapi menunjukkan tempat-tempat hiburan dan wisata-hanya available di beberapa negara dan Indonesia ga termasuk—lol), Instagram, Grooveshark (seperti My Space lagi)), lalu apalagi ya? Ach Ja! Skype pun saya jadi keranjingan. Jadi bisa berbicara dengan teman-teman saya di Jerman, Jepang dan Belanda.

Mau melihat berbagai macam hasil jepret foto yang aduhai memukau? Coba log in ke favim.com dan Pinterest, di situ banyak menghadirkan foto-foto  bagus dan lucu, tentu sudah dilengkapi dengan “photo tag” nya.. Jadi kalau kamu mau nyari foto, tinggal ketik keyword nya, ntar keluar hasil foto yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Hanya Twitter yang saya sangat ga apdet. Entah, saya sangat ga ngerti cara mengoperasikan aplikasi yang satu ini. Keblinger banget kalo masalah Twitter. Jadi, jangan tanya saya username saya di Twitter apa yaa.. Haha..

 Ada juga Twoo.com, awalnya menurut saya ini semacam media sosial untuk mencari kenalan dari seluruh dunia, seperti Facebok. Tapi, alamak! Pas pertama kali saya log-in, ditanya what are you looking for? Nah loo.. Ternyata belakangan saya tahu kalo Twoo.com adalah biro cari jodoh online sedunia :p :p :p.. Paling banter yaa cuma iseng-isengan doang.. Hahha.. Kalo cocok, lanjuuuut.. Kalo kaga, soriiiii.. Hati-hati, jaga diri dan yang utamanya jaga hati. Sering kalo kita ga protek, orang-orang itu suka ngajak yang macem-macem. Kalau sudah begitu, ban permanen – tanda X siap diklik. Tschuess..

Awalnya currently live saya di Bandung (of course), tetapi setelah mengetahui fungsi dari Twoo, saya jadi mengganti currently live saya jadi Duesseldorf, Germany. Hahahahahha..

Maka muncullah, aa-aa ganteng dari Duesseldorf dan sekitarnya mampir ke profile saya. Bukan buat nyari jodoh loh yaaaa. Heloooo.. Si saya mah ga usah nyari juga udah banyak yang daptaar… #hueek najooong!

Maka mulailah saya mengasah kemampuan bahasa jerman saya yang pas-pasan itu dengan aa-aa ini. Alamaaak.. gara-gara propic saya memakai kerudung, jadi banyak aa-aa Turki yang mengucapkan salam.. Ahihiiiiw.. Memang tujuan utama saya mengganti si currently live adalah agar saya bisa belajar langsung dengan native speaker. Bukan apa-apa, Bangsa Jerman dengan keturunan Ras Arya nya sangat merasa gagah (emang bener sih, Jerman negara yang keren banget). Sekalipun menggunakan bahasa orang lain (bahasa Inggris) sebagai bahasa pergaulan dunia,  mereka No Way! Makanya kenapa, yang mau masuk ke Jerman ya minimal bisa bahasa Jerman tingkat dasar, mereka punya power.

casciscus sama aa Jerman.. Haha

Alhasil, gara-gara udah seminggu ini mantengin Twoo dan berbicara banyak dengan aa-aa dari Jerman, kemampuan sprechen saya (saya pikir) cukup pesat perkembangannya. Saya jadi penasaran sama gimana cara sprechen yang baik dan benar. Maka saya juga nge-yutub video-video berbahasa Jerman. Entah untuk tingkat beginner macam saya atau video dalam percakapan sehari-hari. Rasanya saya makin mantap buat ujian A1 tanggal 24 nanti.

*****

“Hallo, wie geht’s dir?”

“Ja, mir gut.. und dir?”

“auch gut, danke.. Wie heisst du?”

“ich bin Nury, und du?”

“ich bin Farouk.. Aus Essen.. Bist du aus Deustchland auch?”

“Nein, ich bin aus Indonesien.. Hast du ein Indonesien gehoert?” (sok-sok bahasa jermannya gue kambuh “p)

“Ja, ich hab.. Indonesien ist ein schoenes Land”

“woow.. danke.. und was machst du?”

“ich bin mechanicker (ga tau bener apa engga nulisnya :p), bist du studentin?”

“Ja, naturlich.. Ich bin universitat studentin”

“……”

“Tut mir leid, kannst du auf englisch sprechen?” (Pertanyaan ini saya ajukan setelah merasa  desperado (desperate-red) sama aa-aa Jerman yang entah sedang baceo apa.. haha)

“Nein, ich kann nicht auf englisch sprechen..” (saya: *7^54$#@!)(*&^^%^%?”{ *ga bisa ngebales apa2 lagi)

*****

Dan sederet pertanyaan-pertanyaan lainnya. See? Walau belom jago, saya setidaknya mulai terbiasa- tepatnya membiasakan diri bicara bahasa Jerman. Alah bisa karena biasa kan? Mungkin ini yang tidak saya lakukan dulu-dulu. Makanya sayadulu  dicap “kamu sprechen nya jelek banget, Nur..” (-.-“)

 Just do your best, to create your great future! No body knows your self than you’re self, so don’t ever hear what they’re said!   Just be so good, so they can’t  ignored you!!

Leave a Reply

