Deutschland

Mimpi yang Keblinger!

Every a long distance journey, is begin by a single step.. 

Man Jadda wa Jadda!

Hasil itu gampang, tinggal satuin aja usaha sama niat (kata Linda, teman SMA saya-sekarang di Jerman)

Kata-kata itu sebenernya yang bikin saya semangat untuk mengejar mimpi terbesar saya taun ini, harus ke Jerman!

Sedikit bercerita..

Awal semua mimpi gila (ke luar negeri) ini adalah karena Buku nya A.Fuadi – Ranah 3 Warna. Belum ada buku yang bisa menggugah semangat yang terpendam dalam diri saya (huek!) till’ saya baca sampe kelar novel itu. Tapi, yang namanya mimpi-seringkali muncul-tenggelam saat ada saja sesuatu yang terasa ngehambat, right?

Setelah baca novel itu, saya (sempet) ngebet pengen ke luar negeri, even saya kaga tau negara mana yang mau saya tuju-apa-dan mau ngapain.. Ok, saya emang sering ngegembel-backpacker-naek gunung.. Kaga ada duit pun jalanin,, Tapi itu pan local area, masih di Pulau Jawa.. haha.. Ga ada duit dan mau nginep, tinggal cari mesjid-ngampar sajadah, langsung molor! Molor di mesjid, hhe.. Naah, kalo mau ke ngegembel ke luar negeri, gembelgembel juga musti punya duit pan yak? Belum lagi kalo mau ke luar Asia Tenggara, harus pake Visa.. Tourist Visa mah pan diliat saldo tabungan di bank! Naah, dari situ saya mikir lagi, dengan saldo tabungan saya yang insya allah cuma 23rebu, kapan saya bisa bikin Tourist Visa? Bapuk! hahahahha… Akhirnya, mimpi itu dipending… Entah sampe kapan..

Pada suatu malam, sekuel pertamanya A.Fuadi “Negeri 5 Menara” tayang di Brewok. Saya karena emang suka sama jalan ceritanya, nonton barengan anakanak Salman.  MAN JADDA WA JADDA sangat menginspirasi saya. Seperti letupan semangat tiap denger kata itu berulangkali diucapkan oleh para pemain di film itu. Setelah kelar nonton,

Wow! It was GREAT!

Mimpi saya kembali mencuat! Mimpi buat pergi ke luar negeri! Luar negeri, boi! Hal yang ga pernah saya lamunin sejak kecil! Poko nya harus bisa ke luar negeri! Hanya itu yang ada di pikiran saya!

Cerita berlanjut ke ada gosip Salman mau ngasih kesempatan buat para aktivisnya untuk belajar dan bermain (baca: gembel) di beberapa negara ASEAN: Malaysia, Singapura, dan Thailand.. AHA! Kaya dibukain jalan aja gitu sama Allah.. Alhamdulillah.. Dan akhirnya saya bikin paspor bareng tementemen Salman.. Setelah melalui prosedur yang cukup rumit, saya akhirnya dapet paspor  juga. Di lembar ke-3 paspor, ada tulisan VISA. Saat itu saya mikir, aaah.. VISA mah kapan2 aja laaah.. Ke Malaysia juga udah untung..

Beberapa hari setelah nonton negeri 5 menara yang berslogan ‘MAN JADDA WA JADDA”  dan bikin visa, mimpi ke luar negeri sangat menghantui saya.. Ga bisa tidur, Sumprit!

Jam 2.30, saya bangun.. Ga tenang.. PENGEN KE LUAR NEGERI!!!!

Akhirnya solat tahajud, mengetuk pintu Allah, curhat kalo saya punya mimpi yang sangat keblinger sampe ga bisa tidur.. weleeh..

Karena ga bisa tidur lagi, saya langsung online..

Memang Allah Maha Mendengar!

Doa saya langsung dikabul.. Allah memang baik ya, sobat? Dia ga ngasih cara instan, tapi dia ngasih jalan supaya si saya yang sangat lemah ini berusaha dulu, berlelah dan berkorban dulu..

“Usaha dulu dooong! Maen minte-minte aja Lu! Macem orang kaga bisa ngapa-ngapain!”

Mungkin itu yang Allah bilang saat seringnya saya minta yang instan sama Dia. Es tut mir leid, Mein Got..

Saat saya online, ajaibnya saya ngeliat temen saya yang baru ajah ngaplot fotofoto nya, yang kemudian saya tau dia sedang berada di Jerman untuk setahun ke depan..

Dia sedang homestay katanya.. Jadi Au Pair di Jerman. Jika ada rezeki, tahun kedua dia mau ngelanjutin sekolah di sana..

Dia Linda, dan ketika saya tanya cara dia ke sana gimana, dia jawab “Tinggal satuin aja usaha sama niat”.. Dan dia langsung memberi jalan terang lagi buat saya ke luar negeri.. Ga lama setelah itu, saya ngeliat foto temen saya juga, dia Nata, dan sekarang sedang di Belanda… Juga lalu ngeliat status temen se-organisasi saya di PAS ITB, dia Ka Hadi, sekarang di Jepang..

Wuiiih!

Kalo mereka bisa, saya juga bisa!

Maka mulailah saya mencari informasi sesuai dengan Linda arahkan.. Masih saya ingat, saya log in pertama kali bulan Maret.. Ngirim 198 application dan yang ngebales positif hanya 4 Family! Gila ga tuh?

Tapi, Allah sangat sayang sama saya.. Setelah 4 bulan melanglangbuana,ngirim application ke berbagai negara, akhirnya saya menemukan calon GF (GestFam) atau ortu angkat saya buat nanti di Jerman. Finkenbrink Familie, keluarga muslim dengan dua anak. Derya Finkenbrink adalah muslim Jerman keturunan Turki, profesinya kalo ga salah jadi peneliti biologi di Qiagen Germany, kalo di Indonesia Qiagen semacam BATAN, tapi mereka bekerja di bidang Biologi.  Sedangkan Michael Finkenbrink adalah muslim muallaf Jerman yang profesinya sebagai Senior IT Architect di IBM Germany. You know, IBM adalah salah satu perusahaan terbesar di Jerman. Jika semuanya lancar, November akhir saya udah menikmati winter season di Roesrath.. Kota kecil deket Cologne, kota dengan Cathedral yang khas dan salah satu Kota penghasil parfume di dunia..

MAN JADDA WA JADDA!

Setidaknya saya sudah berusaha.. Meski ini semua masih di bawah 50% (belum ujian A1 dan belum ngurus VISA Au Pair) tapi saya yakin dan harus yakin bahwa Allah akan memberikan hasil sesuai dengan usaha yang saya kerjakan..

Kamu kira ini mudah?

Tidak kawan! Banyak yang harus dikorbankan dan lakukan.. Tapi saya anggap ini semua adalah investasi, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan..

Viel erfolg! Danke..

5 thoughts on “Mimpi yang Keblinger!

    1. ngggg.. ga salah tp kurang bener juga.. hehehe
      kalo dijelasin sih puanjang banget, oom..
      nanti saya coba post ttg Au Pair deh yaa.. biar info nyah juga ga setengah2… hhe
      btw, makasih udah baca dan komen looh.. ^^

  1. halo nury, salam kenal! saya juga ingin jadi au pair, sudah sebulan ini giat mencari GF. sempat hampir deal juga sama Finkenbrink Familie, tapi gagal karna beliau lebih memilih Au Pair yang usia nya lebih muda dari saya😦 kalau boleh tau, nury mencari GF lewat website apa? aupairworld.com kah? kalau punya info2 GF yang sedang mencari Au Pair, boleh dibagi ke saya loh, hehe. Danke im Voraus!

    1. Waaw.. good for you!
      betul, dulu saya nyari di website yang sama.
      Entschuldige, Saya sudah sangat tidak update dengan Au-Pair karena sekarang sudha fokus ke bidang yang lain^^.
      Dulu di facebook ada grupnya, di sana suka update juga informasi2 yg mau pindah familie atau familie cari Aupair yg baru.
      Mungkin bisa dicoba^^
      Also viel glueck!

Leave a Reply

